Kalian tahu gak sih ada makanan khas Solo yang namanya ‘Selat Solo’? loh jadi ‘Selat Solo’ yang dimaksud itu bukan Selat yang ada didaerah Solo? Hihi bukann ya temen-temen. Jadi Selat Solo yang kali ini akan dibahas yaitu Selat solo makanan khas dari Solo. Selat Solo adalah sebuah hidangan khas Jawa yang memiliki pengaruh hidangan Eropa dan berasal dari kota Solo, Jawa Tengah.


 Sumber: resepmedia

  Nama ini terbentuk karena pengucapan masyarakat pribumi terhadap salad. Salad yang merupakan kata bahasa Inggris sering kali diucapkan menjadi selat. Ini merupakan hasil dari penyerapan bahasa yang akhirnya membuat kuliner ini populer hingga sekarang. 

Walaupun memiliki nama selat yang mengacu pada “salad”, bagian utama dari makanan ini adalah daging sapi yang umumnya bagian has luar menjadikan makanan ini tidak cocok disebut salad,melainkan sebagai sebuah bistik yang disajikan dalam kuah manis encer khas Jawa. Beberapa orang juga menyebutnya sebagai percampuran antara bistik, salad dan sup. Bahkan banyak yang menyebutnya dengan sebutan bistik Jawa walaupun yang membedakannya adalah kuah dari selat solo lebih sedikit dibanding bistik. 

  Selat Solo juga sangat mudah ditemui di warung-warung makan yang ada di kota Solo. Salad versi Solo ini dibuat dari kumpulan sayur seperti buncis, wortel, acar timun, dan selada. Kemudian disandingkan pula dengan kentang goreng sebagai sumber karbohidrat dan daging yang dimasak dengan saus kecap sebagai bagian utamanya. Selat Solo disajikan bersama kuah kecap manis gurih yang membuatnya berbeda dari salad biasanya.

  Nah maka dari itu,apabila kalian mampir ke kota Solo jangan lupa untuk mencoba makanan khas dari Solo yang satu ini yaa!


-R-