sumber : revolvy


Ngopi adalah istilah anak muda kota bandung yang artinya sama seperti nongkrong. Ketika sedang dilanda kepenatan setelah menghadapi hari, ngopi merupakan solusi yang tepat untuk melepaskannya. Karena kita bisa rileks sembari menikmati kopi panas di suasana malam yang sejuk. Berbincang santai membahas apapun bersama kawan baru maupun kawan lama, merupakan refreshing tepat untuk melepas kepenatan.

Bandung merupakan tempatnya ngopi. Karena di Bandung terdapat banyak tempat-tempat ngopi yang beragam. Dari yang di atas gunung hingga di tempat terpencil, dari yang termahal hingga yang termurah, dan dari yang termewah hingga yang tersederhana pun ada.

Selain tempatnya yang beragam, suasana kota bandung itu sangat cocok untuk ngopi atau nokrong bersama teman-teman. Suasananya yang adem, rame, dan indah itu membuat kegiatan ngopi menjadi lebih menyenangkan dan tentunya memoriable. Dan jangan lupa, selain tempat dan suasana, makanan dan kopinya pun patut diacungi jempol.

Menurut orang orang zaman dulu, ngopi atau nongkrong itu merupakan kegiatan yang membuang waktu dan tidak bermanfaat. Namun, beda zaman beda lagi, banyak manfaat yang dapat kita ambil dari ngopi atau nongkrong. Tapi, perlu ditekankan, tetap dalam konteks yang baik.

1.       Menambah kenalan
Dengan ngopi ditempat yang berbeda-beda setiap waktunya, bisa membuat kita mendapat banyak kenalan, terutama kenalan baristanya, atau juga bisa bertemu dengan teman tapi tidak tahu siapa namanya.

2.       Menambah wawasan
Untuk penyuka kopi, ini adalah manfaat yang pasti dirasakan. Karena, disetiap kedai kopi mempunyai kopi ciri khas mereka masing-masing. Dan itu tentu saja dapat menambah pengetahuan kita tentang kopi.

3.       Menumbuhkan kreatifitas
Biasanya kreatifitas seseorang itu dapat tumbuh kalau kita berada di lingkungan yang menarik. Nah, tempat-tempat ngopi atau nongkrong jaman sekrang sudah bukan main desain interiornya. Berbagai tema dari segala macam jaman dapat diterapkan. Dan dengan berada ditempat yang unik dan menarik akan memicu kreatifitas otak kita dan akhirnya akan memunculkan ide-ide luar biasa.

Setiap ada positif pasri ada negatifnya. Sama seperti ngopi atau nongkrong ini, terdapat manfaatnya dan juga ada dampak yang tidak baiknya. Contohnya seperti boros, lupa waktu dan lupa prioritas hidup. Kita akan kehilangan arah ketika kita melakukan sesuatu dengan berlebih. Sama seperti ngopi atau nongkrong ini, dimana ketika kita lebih sering melakukannya, akan menyebabkan hal-hal yang mungkin lebih perting terabaikan.

Jadi, kita tetap perlu tahu prioritas dalam hidup kita, dan jangan melakukan suatu hal yang berlebihan.

~VAS